Sabtu, 20 Agustus 2016

Ummu Hani_LIGHTHING

LIGHTHING
I. Pengertian
Salah satu unsur penting dalam pementasan teater adalah tata cahaya atau lighting. Lighting adalah penataan peralatan pencahayaan, dalam hal ini adalah untuk untuk menerangi panggung untuk mendukung sebuah pementasan. Sebab, tanpa adanya cahaya, maka pementasan tidak akan terlihat. Secara umum itulah fungsi dari tata cahaya. Dalam teater, lighting terbagi menjadi dua yaitu:

1. Lighting sebagai penerangan. Yaitu fungsi lighting yang hanya sebatas menerangi panggung beserta unsur-unsurnya serta pementasan dapat terlihat.
2. Lighting sebagai pencahayaan. Yaitu fungsu lighting sebagai unsur artisitik pementasan. Yang satu ini, bermanfaat untuk membentuk dan mendukung suasana sesuai dengan tuntutan naskah.

II. Unsur-unsur dalam lighting.

Dalam tata cahaya ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan, antara lain :

1. Tersedianya peralatan dan perlengkapan. Yaitu tersedianya cukup lampu, kabel, holder dan beberapa peralatan yang berhubungan dengan lighting dan listrik. Tidak ada standard yang pasti seberapa banyak perlengkapan tersebut, semuanya bergantung dari kebutuhan naskah yang akan dipentaskan.
2. Tata letak dan titik fokus. Tata letak adalah penempatan lampu sedangkan titik fokus adalah daerah jatuhnya cahaya. Pada umumnya, penempatan lampu dalam pementasan adalah di atas dan dari arah depan panggung, sehingga titik fokus tepat berada di daerah panggung. Dalam teorinya, sudut penempatan dan titk fokus yang paling efektif adalah 450 di atas panggung. Namun semuanya itu sekali lagi bergantung dari kebutuhan naskah. Teori lain mengatakan idealnya, lighiting dalam sebuah pementasan (apapun jenis pementasan itu) tatacahaya harus menerangi setiap bagian dari panggung, yaitu dari arah depan, dan belakang, atas dan bawah, kiri dan kanan, serta bagian tengah.
3. Keseimbangan warna. Maksudnya adalah keserasian penggunaan warna cahaya yang dibutuhkan. Hal ini berarti, lightingman harus memiliki pengetahuan tentang warna.
4. Penguasaan alat dan perlengkapan. Artinya lightingman harus memiliki pemahaman mengenai sifat karakter cahaya dari perlengkapan tata cahaya. Tata cahaya sangat berhubungan dengan listrik, maka anda harus berhati-hati jika sedang bertugas menjadi light setter atau penata cahaya.
5. Pemahaman naskah. Artinya lightingman harus paham mengenai naskah yang akan dipentaskan. Selain itu, juga harus memahami maksud dan jalan pikiran sutradara sebagai ‘penguasa tertinggi’ dalam pementasan.

Dalam sebuah pementasan, semua orang memiliki peran yang sama pentingnya antara satu dengan lainnya. Jika salah satu bagian terganggu, maka akan mengganggu jalannya proses produksi secara keseluruhan. Begitu pula dengan “tukang tata cahaya’. Dia juga menjadi bagian penting selain sutradara dan aktor, disamping make up, stage manager, dan unsur lainnya. Dengan kata lain, lightingman juga harus memiliki disiplin yang sama dengan semua pendukung pementasan.

Dari paparan di atas, semuanya dapat dicapai dengan belajar mengenai tata cahaya dan unsur pendukung lainnya.

III. Istilah dalam tata cahaya.

1. lampu: sumber cahaya, ada bermacam, macam tipe, seperti par 38, halogen, spot, follow light, focus light, dll.

2. holder: dudukan lampu.

3. kabel: penghantar listrik.

4. dimmer: piranti untuk mengatur intensitas cahaya.

5. main light: cahaya yang berfungsi untuk menerangi panggung secara keseluruhan.

6. foot light: lampu untuk menerangi bagian bawah panggung.

7. wing light: lampu untuk menerangi bagian sisi panggung.

8. front light: lampu untuk menerangi panggung dari arah depan.

9. back light: lampu untuk menerangi bagian belakang panggung, biasanya ditempatkan di panggung bagian belakang.

10. silouet light: lampu untuk membentuk siluet pada backdrop.

11. upper light: lampu untuk menerang bagian tengah panggung, biasanya ditempatkan tepat di atas panggung.

12. tools: peralatan pendukung tata cahaya, misalnya circuit breaker (sekring), tang, gunting, isolator, solder, palu, tespen, cutter, avometer, saklar, stopcontact, jumper, dll.

13. seri light, lampu yang diinstalasi secara seri atau sendiri-sendiri. (1 channel 1 lampu)

14. paralel light, lampu yang diinstalasi secara paralel (1 channel beberapa lampu).

Seperti yang telah di ungkapkan di atas, secara sederhana hal-hal tersebut adalah yang pada umumnya harus diketahui oleh lightingman, selanjutnya baik tidaknya tatacahaya bergantung pada pemahaman, pengalaman dan kreatifitas dari lightingman. Intinya, jika ingin menjadi ‘lightingman sejati’, Anda harus banyak belajar dan mencoba (trial and error).

ASAS-ASAS PENATAAN CAHAYA

Kursus ini meninjau cahaya dari segi teori dan manfaat mencahayakan suatu pementasan. Tumpuan diberikan terhadap hal-hal berikut:

• Fungsi dan kualitas cahaya

• Aspek rekabentuk dalam cahaya

• Asas elektrik; mengenali bentuk-bentuk seri dan paralel serta menggunakan undang-undang Ohm untuk menyelesaikan masalah tentang arus, rintangan, voltan dan tenaga.

• Aspek optik – iaitu aspek pantulan dan pembiasan cahaya di dalam berbagai permukaan jenis reflektor dan ciri-cirinya tentang pembiasan cahaya.

• Jenis dan fungsi lampu yang digunakan di dalam teater

• Kegunaan warna di dalam pementasan teori warna dan pengawalan warna

• Sistem pemalap [dimmer system] – manual dan memory

• Mencipta ‘light plot’ dan membentuk ‘lighting cues’

10 TRIK APLIKASI WARNA

1. Aplikasi warna cerah pada salah satu elemen luar, misalnya untuk warna merah bata pada pagar, menjadi aksen untuk keseluruhan rumah.

2. Warna netral untuk fasad bangunan lebih baik, tapi jika ingin menggunakan wana cerah, aplikasikan hanya pada satu bidang.

3. Perpaduan warna cokelat dengan hijau dapat membuat atmosfer ruang menjadi lebih tenang.

4. Abu-abu muda serta hijau kecokelatan mampu menghadirkan kecerahan dalam ruangan.

5. Pada warna ruangan yang terlihat monoton, tambahkan cahaya buatan agar ruangan lebih “hidup”.

6. Warna-warna lembut dan cahaya buatan yang temaram dapat memberikan kehangatan dan keakraban suasana pada ruang keluarga dan kamar tidur.

7. Permainan dinding dengan warna natural akan membuat ruangan lebih luas.

8. Warna dinding natural yang berbeda-beda pada setiap ruang akan menciptakan suasana yang berbeda pula untuk masing-masing ruang tersebut.

9. Pagar merah bata, dinding abu-abu tua, dan dinding abu kecokelatan membuat tampilan rumah lebih dinamis.

10. Untuk menghilangkan kesan gelap di kamar mandi, gunakan keramik warna krem pada dinding dan putih pada lantai.

Unsur dekor juga memanfaatkan cahaya untuk membantu suasana tertentu. Misalnya, cahaya terang menyiratkan siang hari, atau cahaya berwarna biru menyiratkan suasana malam hari. Cahaya berwarna juga digunakan untuk memberi aksentuasi pada adegan atau tokoh tertentu.

Pasca-gempa berkekuatan 6,2 skala Richter (SR) yang mengguncang Italia

Pasca-gempa berkekuatan 6,2 skala Richter (SR) yang mengguncang Italia, tepatnya di tenggara Kota Norcia para petugas dikerahkan untuk melakukan operasi penyelamatan. Sejauh ini 21 orang dikonfirmasi tewas termasuk di antaranya anak-anak. Dilansir CNN yang berafiliasi dengan stasiun televisi lokal, RAI, Rabu (24/8/2016) petugas melakukan upaya penyelamatan dengan menghubungi warga melalui ponsel atau telepon mereka. Jika yang bersangkutan menjawab maka tim penyelamat akan berusaha menjangkau mereka. Namun jika tidak, maka upaya evakuasi korban yang masih hidup akan lebih diutamakan. Gempa berkekuatan 6,2 SR terjadi di Italia tengah. Kota-kota yang diyakini menderita kerusakan paling parah akibat gempa adalah Accumoli, Amatrice, Posta dan Arquata del Tronto (CNN) Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) guncangan keras mulai dirasakan sekitar pukul 03.36 waktu setempat. Getaran terasa hingga ke ibu kota Italia, Roma. "Sudah tidak ada lagi kota (Amatrice). Saya mohon, akses jalan kami ke terputus dan orang-orang berada di bawah reruntuhan, tolong kami," ujar Wali kota Amatrice, Sergio Pirozzi. Sementara itu, kerusakan parah yang dialami Amatrice juga digambarkan oleh Juru bicara Palang Merah Italia, Tommaso della Longa. Menurutnya, hampir seluruh kota itu luluh lantak akibat gempa. "Yang terpenting bagi kami dalam situasi ini adalah melakukan upaya pencarian dan penyelamatan demi menemukan orang-orang yang terperangkap di bawah reruntuhan bangunan," jelas Della Longa. "Anda harus memahami bahwa ini terjadi di Italia tengah, di mana merupakan kawasan pegunungan dan lembah. Ada rumah-rumah kecil di lembah yang benar-benar terasing dan membutuhkan bantuan," imbuhnya. Selain Amatrice, Kota Accumoli juga mengalami kerusakan parah. Wali kota, Stefano Petrucci mengatakan bahwa gempa merusak gedung-gedung yang baru dibangun di kota itu sementara, beberapa bangunan bersejarah justru hanya menderita sedikit kerusakan. "Kami menggali, terus menggali...berharap menemukan seseorang yang selamat," ujarnya kepada Rai News 24. Sejauh ini kota-kota yang diyakini menderita kerusakan paling parah akibat gempa adalah Accumoli, Amatrice, Posta dan Arquata del Tronto. Terkait musibah yang dialami masyarakat di Italia tengah ini, Paus Fransiskus menyerukan digelarnya doa bersama. "Aku ingin bergabung bersama untuk mendoakan para korban. Mari berdoa bersama untuk saudara-saudara kita," ujar Paus Fransiskus di Lapangan Santo Petrus, Roma.

Contoh Pidato

 Pidato Pendidikan - Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Tanpa adanya pendidikan mungkin kita tidak pernah mempunyai ilmu pengetahuan, membaca, menulis dan masih banyak lagi yang tidak kita ketahui tanpa adanya pendidikan. Betapa pentingnya arti sebuah pendidikan sampai-sampai kita sebagai manusia yang dibekali akal harus mencari dan mempelajarinya.

Mengingat betapa pentingnya arti pendidikan, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh pidato singkat tentang pendidikan. Semoga bermanfaat dan selamat membaca.

    Contoh Pidato Singkat Pendidikan
    Pembukaan Pidato Pendidikan :
    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Hadirin yang saya hormati.

    Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.

    Isi Pidato Pendidikan :
    Hadirin yang berbahagia.

    Dalam mencari ilmu, Allah sendiri pernah menguji para Malaikat-malaikat-Nya. Bahwa ternyata tidak ada seseorangpun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah. Dan sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipan Allah. Bahkan Malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. Oleh karena itu kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apapun yang kita miliki tidak boleh sombong.
 Hadirin yang saya hormati.

Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu, sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangatlah penting. Sehingga orang yang bersamanya dukuk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya walaupun hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

Penutup Pidato Pendidikan :
Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan di ridha’i Allah. Amiin

Wassalamualaikum Wr. Wb

Nothing To Lose

Artist


: Michael Learns To Rock
Song : Nothing To Lose


There are times when you make me laugh
Ada saat ketika kau buatku tertawa
There are moments when you drive me mad
Ada waktu ketika kau buatku marah
There are seconds when I see the light
Ada kala ketika kulihat cahaya
Though many times you made me cry
Meski sering kali kau buatku menangis
There's something you don't understand
Ada sesuatu yang tak kau pahami
I want to be your man
Aku ingin menjadi kekasihmu


CHORUS
Nothing to lose, your love to win
Takkan gagal, cintamu akan kudapatkan
Hoping so bad that you'll let me in
(ku) sangat berharap bahwa kau kan biarkanku masuk
I'm at your feet waiting for you
Ada menunggu di hadapanmu
I've got time and nothing to lose
Waktuku banyak dan takkan gagal


There are times when I believe in you
Ada saat ketika aku percaya padamu
These moments when I feel close to you
Ada waktu ketika aku merasa dekat denganmu
There are times that I think I am yours
Ada kala ketika aku mengira aku kekasihmu
Though many times I feel unsure
Meskipun sering aku merasa tak yakin
There's something you don't understand
Ada sesuatu yang tak kau pahami
I want to be your man
Aku ingin menjadi kekasihmu


Back to CHORUS


I'll always be around you
Aku akan senantiasa di dekatmu
Keep an eye on you
Selalu mengawasimu
'Coz my patience is strong
Karna kesabaranku besar
And I won't let you run
Dan takkan kubiarkan kau hilang
'Coz you are the only one
Karna kaulah satu-satunya


Back to CHORUS

I've got time and nothing to lose
Waktuku banyak dan takkan gagal